Posting by Bintang Crepes.Com

ARTIKEL MOTIVASI UNTUK CALON PENGUSAHA MUDA

Sudahkah Anda memiliki bisnis … ? Apapun itu .. ? Asalkan halal dan bisa menguntungkan, mengapa tidak .. ? Entah itu bisnis online, jual beli, jasa, bisnis waralaba Bintang Crepes.Com maupun Leker Sanremo.Com dan lain-lain. Banyak orang yang enggan menjalankan bisnis karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena usia yang masih muda belia. Bisnis dianggap sebagai sesuatu yang ‘kolot’, menyebalkan, penuh dengan ketegangan, membuat banyak pikiran dan lain sebagainya.

Tetapi jika Anda sudah menyadari, kegiatan berbisnis ternyata bisa menjadi sangat menyenangkan, penuh tentangan, dan membuat Anda meraih banyak wawasan baru. Jadi mengapa Anda tidak segera menjalankan bisnis di usia muda, baik ketika masih duduk dibangku sekolah maupun sudah kuliah. Apabila masih ragu, berikut ini kami akan menuliskan beberapa keuntungan ketika Anda mulai menjalankan bisnis di usia belia:

1. Mendapatkan Keuntungan

Sebuah bisnis dijalankan karena seseorang yang menjalankan tersebut menginginkan sebuah keuntungan secara material. Di usia muda Anda mulai memiliki banyak kebutuhan, mulai dari membeli fashion, perangkat elektronik, biaya jalan-jalan, atau biaya kuliah. Disinilah Anda bisa mulai mencoba hidup mandiri karena dengan keuntungan bisnis Anda tidak perlu lagi meminta-minta kepada orang tua untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan sekunder lain.

Namun ingat, jangan mengira dengan mulai menjalankan bisnis Anda langsung mendapatkan keuntungan besar. Karena tentu ada perjuangan, bahkan mungkin Anda bisa mengalami kegagalan. Mental Anda diuji pada saat kondisi tersebut.

2. Menambah Pengalaman

Seperti yang sudah dijelaskan berkali-kali, bahwa pengalaman adalah guru yang baik. Makin banyak pengalaman membuat Anda akan lebih percaya diri dan lebih bijak dalam berpikir. Tentu ini sangat baik untuk menyongsong masa depan.

Alhasil, dengan mendapatkan pengalaman berharga dimasa muda sebagai pebisnis, lambat laun akan membentuk pribadi Anda menjadi seorang entrepreneur yang sudah matang dan siap bersaing di level yang lebih tinggi. Selain itu, terkadang pengalaman juga membuat orang lebih tekun, kreatif, cerdas serta dewasa dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan.

3. Menambah Wawasan

Wawasan berarti adalah hasil dari apa yang sudah pernah dikerjakan maupun hal yang sudah diketahui oleh panca indra. Semakin kita banyak melakukan hal, terutama dalam berbisnis tentunya akan semakin menambah wawasan kita. Dengan berbisnis Anda bukan lagi menjadi seorang yang ‘kuper’ , namun menjadi orang yang banyak memiliki pengetahuan.

Pengetahuan yang didapat biasanya akan berguna suatu saat, dibandingkan orang yang bekerja monoton. Wawasan yang dimaksud sebenarnya bisa berupa pembelajaran bagaimana strategi bisnis yang tepat, atau bagaimana cara berinovasi terhadap produk dan layanan yang lebih baik.

4. Menjadi Inspirasi Bagi Orang Lain

Jika Anda sudah sukses berbisnis, tentu akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Orang lain akan belajar banyak dari Anda dan Anda juga harus membagi ilmu kepada orang lain. Yang namanya berbagi tentu saja adalah salah satu bentuk dari ibadah. Jadi berbisnis sambil beribadah, mengapa tidak?

Selain ada banyak keuntungan berbisnis di usia muda, ternyata tetap saja ada beberapa kerugian yang bisa dialami. Namun sepertinya kerugian yang ada tidak akan sebanding dengan pengalaman dan wawasan yang akan didapat. Beberapa kerugian dalam berbisnis di usia muda diantaranya adalah:

1. Waktu Bermain Berkurang

Masa-masa muda adalah waktu yang paling menyenangkan dimana umumnya banyak waktu untuk hang out bersama rekan-rekan, pergi kencan atau berkumpul dengan komunitas. Namun dengan adanya kesibukan bisnis hal ini membuat waktu untuk hal-hal demikian jadi berkurang.

2. Konsentrasi Terpecah

Konsentrasi yang pecah biasanya dialami oleh wirausahawan muda yang sedang dalam masa sekolah ataupun kuliah. Alhasil kedua kegiatan ini memang harus benar-benar dipikirkan, dan salah satunya bisa diprioritaskan. Jadi apakah yang di utamakan adalah kegiatan sekolah atau bisnisnya?

3. Perdebatan Kadang Terjadi

Karena belum bekerja dan sebelumnya memang tidak ada penghasilan, dipastikan kebanyakan wirausahawan kaum muda mendapat modal dari orang tua. Terkadang harus ada perdebatan dengan keluarga ketika Anda yang masih dalam tahap pendidikan namun ingin menjalankan usaha. Pihak keluarga mungkin menganggap sekolah adalah yang penting

Demikian alasan mengapa Anda harus menjalankan  bisnis di usia muda.  Semoga bermanfaat.

Bintang Crepes.

Kantor Pusat 

Jln Flamboyan No 12 

Wa : 085811007235 – 081335158755

Perumnas Ngronggo

Kediri

( Pilihan Tepat Menuju Sukses Bagi Generasi Muda, Yang Masih Bingung Ketika Akan Memulai Berusaha / Wira Swasta )

 

Lanjutkan Membaca Artikel Berikutnya

 Pintu rezeki itu Sembilan dari Sepuluh ada dalam perdagangan

Diposting Oleh : Lekersanremo.com

Rasulullah SAW bersabda 9 dari 10 pintu rezeki itu ada dalam perdagangan. Jatuh bangun waktu bisnis  adalah wajar, terus saja belajar dan berusaha. Tidak ada juga orang langsung jadi sukses tanpa berproses. Tips-tips dibawah ini bisa sebagai pedoman :

  1. Tampillah sebagai mana anak muda yang gesit dan optimis. Kalaupun Anda sudah berumur pun tetap pakai pakaian yang muda, jangan berpenampilan tua, sebab uban tanpa diundang dia akan datang juga, (badan boleh tua tetapi semangat tetap muda)
  2. Bergaulah dengan orang-orang yang sholeh dan orang-orang yang berhasil.
  3. Rajinlah berdo’a. Rajinlah berinfaq walaupun kita miskin. Supaya anda tetap mengganggap uang itu kecil dan supaya tidak ada angka besar dalam fikiran kita. Misalnya kita punya tabungan 1 juta, infaqkan. Dan anda yakinkan, mesti Allah akan menggantinya lebih besar dari itu. Jadikan angka itu terus bertambah di kepala kita, walaupun dalam kenyataannya belum.
  4. Mulailah melakukan bisnis real. Terjun ke dalam bisnis secara langsung. Karena Rasulullah SAW mengatakan 9 dari 10 pintu rezeki itu ada dalam perdagangan. Jatuh bangun waktu bisnis adalah wajar, terus saja belajar dan berusaha. Tidak ada juga orang langsung jadi sukses tanpa berproses. Yang ada perlu terus berbisnis. Begitu juga dengan para ustadz, teruslah bisnis. Teruslah berbisnis. Lakukan bisnis sendiri. Sesibuk-sibuknya kita, kita perlu mempunyai bisnis sendiri walaupun masih kecil-kecilan. Tidak boleh tidak. Itulah sumber rezeki yang sebenarnya.

Kalau anda mau kaya sumbernya adalah dagang/entrepreneurship. Rezeki itu datangnya dari 10 pintu, 9 pintu datangnya dari pedagang dan hanya 1 pintu untuk yang bekerja dengan keterampilan tangannya, yaitu para professional. Waktu kita terjun ke bisnis, kita pasti gagal. Gagal pertama, gagal kedua, gagal ketiga, gagal keempat tapi teruslah jangan pernah putus asa. Jangan shock kalau rugi. Jangan berfikir dengan berdagang anda akan cepat jadi kaya, yang menentukan anda cepat berhasil dalam dagang itu adalah secepat apa anda belajar.

Cara belajar itu ada dua: baca buku atau sekolah atau bergaul dengan orang-orang sukses, nanti kalau sudah baca buku sudah bergaul dengan orang sukses, masih gagal juga. Teruslah berdagang, teruslah bergaul, teruslah seperti itu karena setiap orang tidak tahu kapan saatnya dia ketemu dengan momentum keberhasilannya.

Namun dalam berdagang ada juga adab yang harus di ketahui, adab-adab tersebut antara lain :

  1. Amanah, artinya penjual dan pembeli sama-sama bersikap jujur. Misalkan penjual tidak boleh mencampur buah-buahan yang lama dengan yang baru dan menjualnya dengan harga yang sama.
    Demikian juga pembeli harus bersikap jujur jika ada kelebihan pengembalian uang.
  2. Ihsan. Yang dimaksud ihsan adalah menjalankan perdagangan dengan mempertimbangkan aspek kemaslahatan dan keberkahan dari Allah SWT, selain mendapat keuntungan.
  3. Bekerjasama. Penjual dan pembeli hendaklah bermusyawarah sekiranya timbul masalah yang tidak diinginkan.
  4. Tekun. Perdagangan hendaklah dilakukan dengan tekun dan bersungguh-sungguh agar berkembang maju.
  5. Menjauhi perkara yang haram. Penjual hendaklah menjauhi perkara yang haram selama menjalankan pernigaan. Contohnya menipu dalam timbangan, menjalankan muamalat riba, dan menjual barang yang diharamkan.
  6. Melindungi penjual dan pembeli.Penjual dan pembeli hendaklah saling melindungi hak masing-masing. Contohnya penjual memberikan peluang yang secukupnya kepada pembeli untuk melihat pilihan ketika hendak membeli sesuatu barang.
    Demikianlah beberapa adab dalam berdagang sehingga tercipta masyarakat yang harmoni dan sejahtera serta mendapat ridha dari Allah SWT. Amin. ( Bintang Crepes.Com &Lekersanremo.Com)                                                      Kantor Pusat : Jln Flamboyan No. 12 Perumnas Ngronggo Kediri Jawa-Timur Kode Pos 64127 ( Wa : 085811007235 – 081335158755 )